Tuesday, September 22, 2015

Jenis-jenis Bank Adalah

Jenis-jenis Bank Adalah ~ Kita mengetahui bahwa bank merupakan tempat untuk menabung dan menyimpan uang yang aman, dan seperti yang telah diterangkan dalam Undang-Undang tentang Bank Indonesia bahwa bank berfungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya lagi ke masyarakat.

Tentang tapi tahukah anda bahwa bank ternyata mempunyai beberapa jenis? bank ternyata mempunyai beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai tugas atau fungsi yang berbeda antara jenis bank satu dan jenis bank lainnya.

Gambar ilustrasi bank [Source image by bisnis.liputan6.com], 
Berikut ini jenis-jenis bank yang terdapat dalam dunia perbankan Indonesia.

1. Bank Sentral
Bank Sentral adalah pelaksana dari kebijaksanaan moneter pemerintah yang ditetapkan oleh dewan moneter. Dewan moneter tersebut merupakan pengelola moneter yang diketuai oleh Menteri Keuangan dan anggotanya adalah Menteri Perdagangan dan Gubernur Bank Sentral. Nama Bank Sentral disesuaikan dengan nama negara yang bersangkutan. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI). (1)

2. Bank Umum
Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sehingga dalam pelaksanaanya maka bank umum dikategorikan menjadi 2, yakni: (2)
  • Bank Umum Konvensional adalah bank yang memilki aktivitas memobilisasi atau menerima dana masyarakat dengan memberikan bunga sebagai bentuk balas jasanya.
  • Bank Umum Syariah (Bank bagi hasil) adalah bank yang dalam aktivitasnya tidak menarik bunga dari jasa usahanya, tetapi diperhitungkan mendapat bagian jasa berupa bagi hasil.
3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Bank perkreditan rakyat atau BPR adalah bank yang hanya diperbolehkan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan yang berbentuk tabungan, deposito berjangka, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu dengan cara memberikan kredit kepada masyarakat. (2)

(1) Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X / Oleh Sukardi ; Editor Titik Maryani ; Ilustrator Haryana Humardani. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
(2) Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "bank" berikut ini :

0 comments:

Post a Comment