Tuesday, September 22, 2015

Fungsi, Tugas dan Peranan Bank Adalah

Fungsi, Tugas dan Peranan Bank Adalah ~ Setelah kita mengetahui tentang pengertian bank dimana bank menurut Undang-Undang No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia mendefinisikan Bank sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana tersebut kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Gambar ilustrasi bank [Source image by medan.tribunnews.com], 
Dalam undang-undang perbankan seperti yang telah disebutkan di atas dapatlah sekarang kita mengetahui tentang apa saja fungsi dari bank. Fungsi utama kegiatan perbankan Indonesia adalah sebagai lembaga penghimpun dana dari masyarakat dan penyalur dana kepada masyarakat. (1)

Sementara itu menurut ahli perbankan yaitu Verryn Stuart mengemukakan ada dua tugas utama dari bank, yaitu: (1)
  1. Tugas bank sebagai penyalur kredit, bank menerima simpanan dari masyarakat, kemudian memberikan pinjaman kepada masyarakat lain yang membutuhkannya.
  2. Tugas bank sebagai pencipta kredit, bank dalam hal ini menciptakan alat pembayaran (uang kartal dan giral) yang nantinya dipergunakan masyarakat dalam kegiatan ekonomi.
Adapun peranan bank di dalam negeri menyangkut kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan perekonomian nasional. Kegiatan-kegiatan perbankan dalam hal ini, meliputi: kegiatan administrasi, penggunaan uang, perkreditan, pengiriman uang (transfer), penciptaan uang, dan pengawasannya.  (1)

Sedangkan peranan bank dalam kegiatannya dengan luar negeri adalah sebagai perantara lalu lintas keuangan (devisa) dalam rangka hubungan moneter dan perdagangan internasional. Secara sederhana kegiatan bank dalam lingkup ini meliputi kegiatan perencanaan dan pengadministrasian cadangan emas.  (1)

(1) Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "bank" berikut ini :

0 comments:

Post a Comment